Selamat Datang di Official Website Depik Jurnal - Jurnal Ilmu Ilmu Perairan, Pesisir & Perikanan | Alamat Redaksi : Kopelma Darussalam – Banda Aceh 23111, Provinsi Aceh , Indonesia. | Submit Jurnal : jurnaldepik@yahoo.co.id | Kontak Redaksi : 62-(0)852-6091-2084
Get Adobe Flash player

Berlangganan Jurnal Depik

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

AIJST | International Journal

Our International Journal

  1. Hubungi Depik

Depik Jurnal is Indexed by

garuda  

Tentang Depik

Depik atau nama latinnya Rasbora tawarensis adalah ikan endemik di Danau Laut Tawar, Takengon Provinsi Aceh. Ikan ini telah menjadi trade mark nya Kota Takengon ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, Privinsi Aceh. Saat ini populasi ikan depik terus menurun dan berdasarkan hasil evaluasi terakhir yang dilakukan oleh Conservation Breeding Specialist Group – IUCN  yang diterbitkan Tahun 2003,  ikan ini sudah tergolong Critical Endangered (CR) dari sebelumnya Vulnerable (IUCN, 1990).  Mengingat akan pentingnya ikan Depik baik dari segi ilmu pengetahuan maupun perekonomian, maka ikan ini ditabalkan sebagai nama Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Perairan, Pesisir dan Perikanan, Koordinatorat Kelautan dan Perikanan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Jurnal ini dibentuk pada 6 Februari 2012 dan edisi perdananya terbit April 2012. Jurnal ini diterbitkan oleh Koordinatorat Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (KKP – Unsyiah) bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa Publikasi Ilmiah dan Kreatifitas Mahasiswa (UKM PIKM) KKP Unsyiah dan Lembaga Penelitian Unsyiah dengan didukung dewan redaksi terdiri dari para pakar dibidang perikanan, kelautan, pesisir dan ekologi perairan.

Ruang lingkup

Jurnal Depik adalah jurnal ilmiah untuk bidang ilmu-ilmu perairan, pesisir dan perikanan, termasuk hasil-hasil penelitian dan review dalam bidang kajian meliputi:

-         Budidaya perairan

-         Teknologi penangkapan dan pengolahan ikan

-         Manejemen sumberdaya perairan

-         Sosial ekonomi perikanan dan masyararakat pesisir (bio-ekonomi)

-         Ekologi perairan (tawar, payau dan laut)

-         Biologi laut dan oseanografi

-         Kimia perairan (tawar, payau dan laut)

-         Bio-ekologi biota dan tumbuhan perairan

-         Pomodelan laut

-         Meteorologi

-         Dan lain-lain bidang kajian berkaitan dengan perairan dalam arti luas

Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (April, September dan Desember), paper yang sudah diterima dan siap dipublikasikan akan online (early view) secara bertahap dan versi cetaknya akan diedarkan pada akhir priode  penerbitan, yaitu Bulan April, September dan Desember.

 

  • Muhammad Nazir

    Nice. Smoga sukses for Depik…

  • http://www.asriyanafish.blogspot.com/ Yana

    Sukses untuk Depik

  • aulia bahri

    Rasbora tawarensis endemik Danau Laut Tawar yang erat ilmu pengetahuan dan ekonomi.
    success for Depik.